Minggu, 08 Januari 2017

Analisis Web Tokopedia

Analisis Web Tokopedia.com

Topik kali ini, kami akan mengambil sebuah situs www.tokopedia.com untuk dianalisa.

Situs yang akan bahas untuk di Analisis berdasarkan 4 atribut, yaitu:

1. Usability

2. Visualization

3. Fungtionality

4. Accesbility

Halaman Awal

1. Usability











     A . User Friendly

Tokopedia pada startup page nya sangat user friendly dan membantu memudahkan pengunjung untuk mencari produk yang ada di website tersebut dengan menampilkan kategori dan pada startup tersebut juga menampilkan "Hot Item" yaitu produk yang laris di tokopedia tersebut. Tokopedia memilih Oracle sebagai pilihan database, Perl sebagai bahasa pemrogramannya dan Apachemod_perl  sebagai webservernya. 


     B. Explore Website

Web ini memiliki link yang terhubung dengan website lain di antaranya link blog tokopedia, link social media tokopedia seperti facebook,twitter, google+, pinterest, dan instagram

2. Visualization


Desain grafis pada web www.tokopedia.com sudah cukup baik. Alasan dari cukup baik sendiri adalah karena sudah memenuhi kriteria desain sebuah web yang baik antara lain pemilihan warna, type huruf, ukuran huruf dan tidak terlalu banyak konten yang membuat user kebingungan. Pada Tampilan Website Tokopedia ini menggunakan warna background yaitu warna putih, dan dibagian petunjuk informasi berwarna hijau. Dengan memakai dua warna, sehingga dapat memisahkan tulisan yang ingin dibaca secara detail seperti pilihan kategori barang yang dijual.

Pemakaian huruf juga penting dan berpengaruh dalam sebuah website. Pada website ini pemakaian font yang ada terasa nyaman untuk dilihat. Keselarasan warna background dengan font amat diperhitungkan dalam pembuatan website ini.  Link yang ditampilkan berwarna hitam dengan icon yang berupa gambar yang berwarna sesuai dengan kategori yang terdapat pada Tokopedia.

Navigasi Web adalah bagian dari situs Web yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs dan menghantarkan pengunjung pada isi yang mereka cari. Dengan begitu pengujung web dapat dengan nyaman meng-explore isi di dalam suatu web.

Posisi Navigasi
Posisi sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs Web.
  • Top Navigation (Navigasi di atas)
Pada tokopedia.com navigasi di bagian atas terdapat menu pencarian , login , sign in , dan menu untuk mengirim pesan ke tokopedia.com. Menu pencarian ini cukup tepat di letakkan dibagian atas, sehingga memudahkan pengunjung yang ingin mencari sesuatu di tokopedia.com. Menu login dan sign ini berfungsi untuk pengunjung yang ingin mendaftar ke tokopedia ataupun pengunjung yang sudah terdaftar, sehingga member dari tokopedia.com. Selain itu , di pojok kiri web terdapat logo dari tokopedia.com, dimana logo ini akan selalu terletak di posisi itu walaupun pengunjung berada di site-site lain di tokopedia dan apabila di klik, pengunjung akan di arahkan ke halaman awal tokopedia.
  • Center Navigation (Navigasi di tengah)


Pada bagian tengah tokopedia.com daftar kategori-kategori yang dapat dipilih pengunjung untuk menuju kategori tertentu. Sehingga memudahkan pengunjung dalam dalam mencari produk/barang yang mereka ingin beli di tokopedia . Selain itu , di bagian tengah (dibawah kategori) terdapat daftar untuk pembayaran dan top up dan di bagian bawahnya terdapat juga daftar produk-produk yang sedang popular di tokopedia. Daftar produk ini di buat dalam bentuk listing,yang berguna untuk menginformasikan pengunjung tentang produk terpopuler saat itu.’
  • Bottom Navigation (Navigasi di bawah)


Di navigasi bagian bawah berisi link-link tentang informasi umum yang terdapat di tokopedia, seperti : cara belanja, cara berjualan, karir, kritik& saran. Navigasi ini sangat berguna bagi pemula dalam mempelajari tokopedia.com, sehingga pengunjung tersebut akan terpandu. Tokopedia juga disertai keaman yang sudah di verifikasi, pengunjung juga dapat melihat dengan mengklik icon keamanan.

3. Fungsionality

A. Menu Pencarian/ Search

Memudahkan customer untuk mencari barang atau toko yang ingin di cari, di sampingnya juga disediakan ketegori agar lebih terperinci apa yang di cari customer.



2. Menu Daftar dan Login/ Buku tamu
Menu daftar ini untuk mendaftarkan sebagai pembeli ataupun pemilik toko. Menu Login untuk yang sudah memiliki account tokopedia.

3. Menu Kategori
Pada halaman awal juga di tampilkan langsung kategori-kategori yang berfungsi agar memudahkan customer mencari barang yang di cari.

4. Hot list
Pada menu ini di tampilkan barang-barang apa saja yang paling banyak dicari ataupun dibeli.


5. Pendaftaran
Bagi yang belum mempunyai akun, dapat mengklik link daftar. Kemudian akan diarahkan seperti gambar diatas. Mendaftar bisa menggunakan akun Facebook, Google, Yahoo ataupun dengan membuat akun baru dengan melengkapi data yang tersedia.


6. Help
Jika anda belum mengerti dan memahami tentang Tokopedia, dapat mengklik link Bantuan, kemudian akan diarahkan seperti gambar diatas.

4. Accesbility

Kemudahan pengguna dalam mengakses Web Tokopedia ini hanya perlu waktu beberapa detik saja menunggunya terbuka, kami menggunakan salah satu tools google yaitu https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ untuk mengetahui seberapa cepat kecepatan web Tribunnews. Hasilnya sebagai berikut :

  • Kecepatan versi Mobile

  • Kecepatan versi Desktop

Dapat dilihat bahwa versi mobile kecepatannya yaitu 54/100. Sedangkan versi desktop kecepatan yang dihasilkan sebesar 71/100. Seberapa cepatnya suatu web terbuka, bergantung pada kecepatan Internet yang Anda gunakan.